ALASAN ANJING MENJILAT SECARA BERLEBIHAN

 

Sudah rahasia umum jika anjing selalu menjilati pemiliknya, Kebiasaan menjilat anjing terjadi jika ia sedang bermain dengan pemiliknya atau ketika dibawakan makanan.

Kebiasaan menjilat anjing ini membuat ia merasa nyaman, selain itu ia juga menjilat untuk merapikan bulunya.

Akan tetapi jika anjing menjilat secara berlebihan ini perlu diwaspadai, berikut adalah alasan mengapa anjing menjilat secara berlebihan.

 

1. Nyeri

Menjilat bisa menjadi salah satu cara mengurangi rasa sakitnya, jika anjing selalu menjilati di area tubuh yang sama secara terus menerus berarti kemungkinan ada sesuatu yang mengganggunya di area tersebut.

 

2. Alergi

Kulit gatal juga bisa menjadi salah satu penyebab anjing menjilat area tubuhnya terus menerus, periksa area tersebut kemungkinan terdapat ruam atau kutu.

Anda bisa mengatasinya dengan memandikan anjing menggunakan air hangat agar mengurangi ruam dan gatal.

 

3. Kecemasan

Sesekali anjing akan menjilat untuk meredakan kecemasan dan itu normal. Tapi apabila anjing terus-menerus menjilat, itu bisa berubah menjadi obsessive compulsive disorder (OCD) atau perilaku obsesif-kompulsif.

Sama seperti pada manusia, OCD pada anjing merupakan bentuk gangguan mental. Hal ini membuatnya melakukan tindakan berulang agar tidak cemas.

Menjilat karpet atau selimut merupakan indikasi yang menandakan perilaku tersebut berakar dari kecemasan.

"OCD pada hewan peliharaan disebabkan oleh stres. Jadi penting untuk mencoba mencari tahu penyebab stres lingkungan yang membuat hewan menjilat berlebihan," kata dokter hewan Jennifer Freeman, DVM.

 

4. Masalah diet

Anjing memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Menjilat dapat menjadi indikator mual atau ketidaknyamanan di sistem pencernaannya.

Banyak anjing yang tidak toleran terhadap biji-bijian, pati, dan kedelai. Bahkan makan daging ayam atau daging sapi dapat memberi dampak negatif pada anjing.

Bicaralah dengan dokter hewan tentang makanan yang tepat untuk anjing. Ingat, setiap perubahan pada makanan anjing harus dilakukan secara bertahap

 

Namun, untuk beberapa anak anjing, alasan anjing menjilat secara berlebihan hanyalah dorongan perilaku. Plus, anjing menjilati orang karena mereka menyukai kita. Mencicipi kulit asin kita adalah salah satu cara anjing mengalami dunia di sekitarnya.

 

Source : kompas.com / dokterhewan.co.id