BEBERAPA PENYEBAB PENYAKIT KULIT PADA ANJING

Paw heroes tahukah kamu bahwa anjing adalah hewan yang rentan terhadap penyakit kulit. Bagi kamu yang memelihara anjing wajib peka terhadap masalah kulit yang menimpa anjingmu, jika melihat tanda - tanda jangan dibiarkan dan segera obati anjing kesayanganmu.

Pengobatan penyakit kulit pada anjing tergantung pada jenisnya, jadi tidak semua dapat diobati, berikut beberapa penyebab penyakit kulit pada anjing dan cara mengatasinya 

 

1. Alergi 

Alergi adalah salah satu penyebab penyakit kulit yang paling umum dialami oleh anjing, baik alergi terhadap lingkungan maupun alergi terhadap makanan. 

Alergi lingkungan dapat membuat anjing gatal - gatal biasanya di kaki, wajah dan dada. Sedangkan alergi pada anjing yang disebabkan oleh makanan membuat anjing gatal - gatal di sekitar wajah, telinga dan anus dengan ruam kemerahan, terkadang ada juga yang disertai dengan feses yang cair.

Cara mengatasinya adalah menjaga kebersihan rumah Dan kandang anjing, beri makanan bergizi dan vitamin khusus anjing. Jika perlu bawa juga anjing ke dokter hewan dan mengganti makanan yang memiliki label anti alergi.

2. Folikulitis

Folikulitis terjadi ketika folikel atau radang bulu anjing mengalami peradangan akibat masalah kucing yang diderita anjing. Folitukus biasanya ditandai dengan munculnya luka akibat garukan, benjolan, dan koreng pada permukaan kulit

Cara mengatasinya adalah membawa anjing peliharaanmu ke dokter hewan, biasanya dokter akan memberikan shampoo khusus. Antibiotik dan obat antibakteri yang di konsumsi maupun dioleskan juga dapat membantu membantu menyembuhkan anjing.

3. Impetigo 

Impetigo adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri dan rentan menyerang anak anjing karna kondisi kulitnya yang tipis dan tidak higenis. Gejala impetigo pada anjing biasanya terlihat di perut berupa goresan yang dapat berkembang jadi koreng.

Karena anak anjing masih sangat sensitif diperlukan penanganan cepat untuk mengatasi impetigo, biasanya dokter akan memberikan antibiotik serta obat oles.

4. Kurap 

Tahukah kamu bahwa kurap juga dapat menyerang anjing. Penyakit kulit ini disebabkan oleh infeksi jamur, bentuknya berupa bentol - bentol kecil yang melingkar, gatal dan kemerahan. Biasanya menyerang kepala, telinga, dan kaki anjing. Kurap dapat diobati dengan menggunakan salep anti jamur untuk membunuh dan mencegah jamur menyebar ke area lain.

5. Kutu

Kutu yang hidup di kulit anjing dapat menggigit dan menghisap darah anjing, air liur yang dikeluarkan oleh kutu juga dapat masuk ke dalam tubuh anjing dan menimbulkan reaksi alergi. Akibatnya anjing jadi sering menggaruk kulitnya yang kemudian bisa merah dan meradang, kemudian bulu mereka juga bisa mengalami kerontokan. Kutu sering berdiam diri di karpet,sofa dan tempat tidur yang tidak bersih

Cara mengatasinya adalah membersihkan area yang sering di tempati anjing, kemudian cukur bulu anjing dengan rutin serta menggunaksns shampoo anti kutu khusus untuk anjing.

6. Infeksi Jamur

Infeksi Jamur bisa menyerang kulit anjing yang tersembu you dan sangat sulit dijangkau. Misalnya pada lubang telinga, di sela - sela kuku kaki dan sela paha. Kulit anjing akan menebal, berubah warna fan terasa gatal.

Cara mengatasinya mandi dengan shampoo khusus anjing serta mengoleskan salep khusus jamur.