PASTIKAN KAMU MELAKUKAN INI SETELAH ADOPSI ANJING 

Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa penat atau kesepian. Anjing rasanya merupakan pilihan tepat untuk dijadikan peliharaan. Hewan yang terkenal cerdas dan setia ini dapat membawa suasana yang menyenangkan ke dalam rumah.

Namun, memelihara anjing bukan hanya mengajaknya tinggal di rumah baru, lalu membiarkannya menjelajahi lingkungan baru tanpa di bimbing. 

Melansir PetMD, beberapa hari pertama saat anjing mulai tinggal dirumah merupakan komen spesial dan penting.

Sebab anjing dapat merasa bingung dan tidak tahu apabyang harus diantisipasi dari pemiliknya.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu dilakukan pemilik setelah mengadopsi anjing baru seperti berikut ini.

 

Sabar

Sabine Fischer-Daly, dokter hewan di Humane Society of the Pikes Peak Region di Colorado Springs, Colorado, Amerika Serikat (AS), mengatakan, kamu perlu bersabar dengan anjing baru karena setiap anjing berbeda-beda.

“Beberapa anjing mungkin akan merasa nyaman dengan keluarga barunya dalam beberapa hari, sementara yang lainnya membutuhkan waktu beberapa bulan,” ujar dokter yang sempat bekerja di Maddie’s Shelter Medicine Program di Cornell University.

Respons setiap anjing saat memasuki rumah baru akan berbeda. Beberapa akan mengumpat, menghindar, atau mengalami kecelakaan. 

Sementara anjing lain akan mengalami gangguan pencernaan atau kegembiraan yang berlebihan dan energi tinggi.

“Jadi, kepribadian anjing yang sebenarnya mungkin tidak terlihat dalam beberapa waktu setelah memasuki rumah,” sambungnya.

Why Does My Dog Hide Under The Bed, Tables, Or Couches In My Home?

Image Source: American Kennel Club

 

Atur rutinitas 

Memiliki komunikasi yang terbuka antara anggota keluarga sebelum mengadopsi anjing sangatlah penting demi menyiapkan area bagi anjing untuk menghabiskan waktunya serta tanggung jawab dalam mengurus anjing peliharaan.

Mengatur rutinitas sesaat setelah anjing masuk ke rumah akan membuat sahabat bulu merasa nyaman dan aman. Jadi, rencanakan memberi makan dan mengajaknya jalan-jalan pada waktu yang sama setiap hari sebagai permulaan.

 

Latihan menggunakan kandang

Kandang anjing adalah alat bagus untuk digunakan anjing baru dan sangat direkomendasikan para ahli. Latihan menggunakan kandang bukan berarti kandang digunakan sebagai hukuman, melainkan menciptakan ruang aman bagi anjing baru. 

Dengan begitu, mereka dapat ditaruh di sana selama kamu keluar rumah. Namun, kandangnya harus cukup besar supaya sahabat bulu dapat duduk, berdiri, atau berbalik dengan nyaman.

Dog Playpens and Puppy Gates | Indoor, Folding Puppy Playing Pens | Lords &  Labradors

Image Source: Lords and Labradors

 

Sediakan beragam mainan

Memiliki beragam mainan anjing, seperti permainan yang interaktif dan dapat digigit, dapat memberikan pengaruh yang positif pada kesehatan mental anjing peliharaan.

Mainan-mainan ini dapat membantu anjing mengarahkan perilaku mengunyahnya yang alami dari benda-benda rumah tangga, misalnya furnitur.

Pastikan agar beragam mainan yang kamu punya tidak mudah rusak agar anjing peliharaan bisa memainkannya dengan aman.

Pastikan juga bahwa mainan-mainan tersebut memiliki ukuran yang tepat. Jika terlalu kecil, ada kemungkinan anjingmu akan menelannya.

 

Konsultasi dengan pelatih anjing

Pelatih anjing dapat memberikan saran pelatihan untuk memperkuat hubungan pemilik dengan anjing.

Menurut Dokter hewan Emma Grigg, melatih anjing sangatlah penting. “Khususnya hal-hal tentang bagaimana hidup berdampingan di dunia yang didominasi manusia. Jadi, ini harus menjadi fokus utama bagi setiap pemilik anjing baru,” jelas Grigg.

Selanjutnya, hindari informasi yang menyarankan hukuman keras seperti mengandalkan rasa takut atau rasa sakit. Sebab, metode itu telah ditemukan memiliki efek samping perilaku yang tidak diinginkan seperti peningkatan agresi berbasis rasa takut.

 

Ajak jalan-jalan setiap hari

Selanjutnya, hal yang perlu dilakukan adalah mengajak anjing baru berjalan-jalan setiap hari. Namun, jangan lupa hewan peliharaan sudah memakai identitas diri sebelum meninggalkan rumah.

Idealnya, kamu perlu mengajak jalan-jalan anjing beberapa kali setiap hari. Lakukan pada waktu yang sama setiap hari untuk membangun rutinitas.

Perkenalkan makanan baru secara perlahan

Jika berencana memberi anjing makanan baru yang berbeda dari apa yang dimakan saat di penampungan, perhatikan sejumlah hal penting.

Jadi, perkenalkan makanan baru secara perlahan dan bertahan untuk menghindari hal yang tidak terduga seperti mual atau muntah.

Selanjutnya, campurkan makanan anjing yang baru secara bertahap dan kurangi makanan yang lama. Lakukan hingga kamu benar-benar beralih ke makanan baru.

Itulah sejumlah hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengadopsi anak anjing. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan budget tambahan untuk melakukan vaksinasi dan pemeriksaan rutin agar puppy selalu berada dalam keadaan sehat. 

9 Ways to Prevent Injury While Walking the Dog - Athletico

Image Source: Athletico Physical Therapy

 

source : kompas.com / idntimes.com