HIPOTIROID PADA ANJING

 

PawHeroes tahukah kamu ternyata bukan hanya manusia lho yang bisa terkena hipotiroid anjing juga bisa menderita masalah tiroid.

 

Apa itu hipotiroid?

Hipotiroid adalah suatu kondisi dimana berkurangnya produksi hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Terdapat dua hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid yaitu triiodothyronine (T3) dan thyroid hormones thyroxine (T4)

Hyperthyroidism In Dogs, What Is It? - Top Lap Dogs

Image Source: Top Lap Dogs

 

Apa saja gejalanya ?

● Penurunan berat badan yang berlebihan
● Sering buang air kecil
● Depresi
● Lemah lesu dan tidak bersemangat
● Kelenjar tiroid yang membesar
● Sulit bernafas
● Detang jantung tak beraturan

72,200+ Sad Dog Stock Photos, Pictures & Royalty-Free Images - iStock | Dog,  Happy dog, Sad cat

Image Source: iStock

 

Lalu apa saja makanan yang perlu dihindari ?

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian: millet, pine beans, peanuts
2. Makanan kedelai: tahu, tempe, edamame
3. Buah-buahan dan tanaman bertepung: ubi, singkong, persik, stroberi
4. Sayuran tertentu: kubis, brokoli, kangkung, kembang kol, bayam

 

Nah untuk PawHeroes sangat disarankan hindari memilih pakan yang mengandung grain dan gluten untuk tindak pencegahan. Anjing penderita hipotiroid perlu didukung oleh makanan yang mengandung kadar asam amino, yodium, probiotik untuk kesehatan usus, antioksidan dan jumlah kalori yang tepat yang berkontribusi pada berat badan yang sehat.

 

Apa yang terjadi jika hipotiroid tidak diobati?

Jika Anda membiarkan hipotiroid anjing tidak diobati, mereka akan terus merasa tidak enak badan dan gejalanya akan bertambah buruk. Akhirnya komplikasi parah akan berkembang dan dapat menyebabkan kematian.

 

Bagaimana cara mengobati masalah tiroid pada anjing?

PawHeroes jika anjing Anda dicurigai terkena hipotiroidisme, maka akan dilakukan seangkaian tes darah. Pada umumnya, dokter hewan akan memeriksa kadar T3 secara keseluruhan, kadar TSH, kadar T4 secara keseluruhan, kadar T4 bebas dan respons terhadap TSH.

Preparing Your Pet for a Blood Test | VCA Animal Hospitals

Image Source: VCA Animal Hospital

 

Setelah dipastikan anjing Anda mengalami hipotiroidisme, dokter hewan akan memberikan dosis harian hormon tiroid sintetik yang disebut dengan thyroxine. Sampel darah akan diambil secara berkala untuk menilai efektifitas obat, dan apakah perlu dibuat penyesuaian dosis atau tidak.

Pada umumnya semua gejala akan hilang setelah dilakukan perawatan dan pengobatan. Ditambah lagi dengan pemeriksaan secara terjadwal. Anjing yang mendapatkan perawatan hipotiroid yang tepat memiliki rentang usia yang normal dan dapat terus melanjutkan hidup. [AD]

 

source : anjingkita.com / dokterhewan-hewan.net