Kaki sudah diamputasi tapi masih terasa, kok bisa?

 

Hai Paw Heroes! Apakah kalian pernah mendengar istilah “phantom limb”? Phantom limb adalah sensasi ketika bagian tubuh yang telah diamputasi terasa seolah masih ada dan masih bisa digunakan, meskipun sudah tidak ada lagi. Makanya disebut phantom limb yang artinya “bagian tubuh hantu”. Contoh pada manusia adalah Youtuber bernama Josh Sundquist, beliau adalah seorang amputee yang meski dengan kekurangannya, tetap semangat berkarya menulis buku, menjadi atlet, pembicara, dan menjadi konten kreator di Youtube.

Josh Sundquist | Preview | Keynote Speaker | SpeakInc - YouTube

Sumber: speakinc

 

Fenomena ini terjadi karena syaraf yang terpotong saat proses amputasi masih mengirim sinyal pada otak, sehingga otak menganggap anggota tubuh yang sudah terpotong itu masih ada. Tak hanya manusia, hewan pun dapat mengalami sensasi ini. Anjing atau kucing yang mengalami amputasi kadang masih terlihat menggunakan anggota tubuhnya yang sudah tidak ada, seperti menggaruk menggunakan kaki yang sudah diamputasi. Contohnya dapat dilihat pada video di bawah ini:

 

 

Sumber: IBTimes UK

 

Pada kasus tertentu, dapat juga muncul phantom pain. Yaitu rasa sakit yang timbul di anggota tubuh yang sudah diamputasi. Dikarenakan neuroma, yaitu syaraf yang putus terus bertumbuh tanpa ada tempat untuk tumbuh. Pada manusia hal ini dapat dirawat dengan menyambungkan syaraf yang putus ke jaringan tubuh lain.

Pada hewan peliharaan, bila sudah parah, dapat dilakukan operasi pengangkatan neuroma. Bila belum parah, dapat dilakukan terapi untuk menangani rasa sakit seperti pemijatan, terapi EMF, TENS, dan physio terapi. Yang penting adalah bagi kita untuk selalu jeli terhadap kondisi hewan peliharaan kita, dan selalu menyediakan perawatan yang terbaik bagi mereka.

Three-Legged Cats | Disabled Cats | Cats Protection

Sumber: Cats Protection

 

Sumber:
WagWalking. (n.d.). Tumor of Nerves in Dogs.


Dog Wheelchair Life. (2019). Phantom Pain in Dogs: How to Manage Symptoms.


News-Medical.net. (2019). What is a Phantom Limb?


Sundquist, J. (2019). I HAVE A FASCINATING TUMOR.