KUCING TUXEDO

 

Hai Paw Heroes! Kalian mungkin sudah tak asing dengan istilah “kucing oren”. Jenis kucing dengan warna bulu tubuh oranye, yang sangat terkenal dan sering muncul di konten-konten media sosial. Banyak sekali konten media sosial yang menunjukkan tingkah lucu, menggemaskan, dan kadang mengesalkan dari kucing oren ini.

Tapi, selain kucing oren, ada jenis warna bulu kucing lain yang tidak kalah keren lho! Kucing apa itu ya? Nah kucing itu adalah, kucing tuxedo!

Orange Tabby Cat Lying on Side Over White Stock Photo - Image of animal,  tabby: 102593910

Sumber: iStock

Kok namanya kucing tuxedo? Apa maksudnya nih? Kucing tuxedo, atau disebut juga “bi-color”, adalah kombinasi warna bulu kucing berwarna hitam dan putih. Biasanya warna bulu yang dominan adalah hitam, dengan bagian dada dan telapak kaki berwarna putih. Hal ini membuat kucing terlihat seperti memakai pakaian formal kemeja putih dan setelan jas tuxedo, layaknya karakter James Bond.

Tuxedo Cats Facts, Lifespan And Intelligence | Cats.com

Image source: cats.com

 

Kombinasi warna tuxedo dapat muncul pada kucing dari jenis apapun. Entah itu kucing ras murni, maupun ras campuran atau kucing kampung. Selama kucing memiliki pola warna hitam dan putih, maka dapat disebut sebagai kucing tuxedo. Banyak sekali kucing dalam cerita fiksi digambarkan sebagai kucing tuxedo, diantaranya adalah Felix dari serial kartun Felix the Cat, Sylvester dari serial Looney Tunes, dan Figaro dari film Pinocchio.

 

 

Kucing tuxedo juga terkenal pintar lho! Siapa yang sangka ya? Contohnya di shelter Natha Satwa Nusantara, ada juga lho kucing tuxedo yang bisa bermain lempar tangkap layaknya anjing. Nah, bagaimana? Apakah Paw Heroes berminat mengadopsi kucing tuxedo?

 

Sumber:
The Spruce Pets. (2023). Tuxedo Cat: Breed Profile, Characteristics & Care.
The Purring Journal. (2021). Famous Tuxedo Cats: Some Animated, Some Real, But ALL Amazing!