KUCINGMU KEHILANGAN NAFSU MAKAN? KETAHUI PENYEBABNYA

Terkadang, dalam memelihara hewan seperti kucing memang suka rewel untuk urusan makan. Salah asupan akan membuatnya diare, namun terlalu banyak makan juga akan membuat kucing sakit. Hal ini menjadi masalah serius ketika kucing tidak mau makan.

 

Pemilik hewan peliharaan jenis apapun juga akan merasa khawatir jika mendadak melihat hewan peliharaan mereka seperti kucing tidak mau makan. Menurut penelitian, apabila hewan tidak mau makan cukup, maka mereka harus mengandalkan cadangan lemak untuk energi. 

 

Ketika kucing tidak mau makan, maka akan mengalami penurunan berat badan secara cepat, persediaan protein akan segera habis, dan hati menjadi kewalahan karena harus mengolah semua lemak. 

 

Sebab, merawat kucing dengan baik dan benar merupakan hal penting yang wajib diketahui setelah memutuskan untuk memelihara kucing di rumah. Jadi, dapat dikatakan bahwa kesehatan kucing tidak hanya bergantung pada kebersihan lingkungan sekitar dan bagaimana cara kita membersihkan tubuhnya, namun juga makanan apa yang diberikan untuk kucing. 

 

Beberapa penyebab kucing kehilangan nafsu makan seperti beberapa berikut ini.

 

  1. Sakit

Kehilangan nafsu makan merupakan salah satu indikator utama bahwa ada sesuatu yang salah. Maka dapat dipastikan untuk memperhatikan jika kucing Grameds tiba-tiba mogok makan. Ada beberapa penyebab lain dengan kondisi yang berbeda seperti infeksi, pankreatitis, gagal ginjal, masalah usus maupun kanker. Namun, penyakit yang tidak serius juga bisa membuat kucing tidak mau makan, salah satunya sakit gigi.

  1. Keresahan atau masalah psikologis

Apabila dokter telah menentukan bahwa kucing tidak sakit secara fisik, depresi atau kecemasan bisa menjadi alasan kucing untuk tidak mau makan. Perubahan kondisi rumah atau keluarga juga dapat mengganggu kucing yang sensitif.

  1. Perubahan atau perjalanan rutinitas

Seperti banyak orang, hewan juga membutuhkan suatu adaptasi. Jadi, perubahan rutinitas dapat mengakibatkan kucing stress hingga hilangnya nafsu makan. Selain itu, Grameds juga perlu tahu bahwa beberapa hewan akan mengalami mabuk perjalanan saat bepergian dengan pesawat atau mobil. Hal ini dapat menyebabkan kucing mual atau muntah, sehingga kucing tidak mau makan.

  1. Vaksinasi

Apakah PawHeroes menyadari kucing tidak mau makan setelah vaksinasi rutin? Jika begitu, mungkin ini alasan kucing tidak mau makan karena reaksi negatif terhadap suntikan. Meskipun vaksin telah menjadi penyelamat hidup bagi jutaan hewan, tetapi vaksin juga menyebabkan efek samping yang lebih umum, biasanya bersifat sementara dan ringan.

  1. Masalah gigi

Penyebab kucing tidak mau makan salah satunya juga disebabkan oleh masalah gigi. Seperti, gigi dan gusi yang sakit atau nyeri dapat menjadi penyebab kucing tidak nafsu makan.

  1. Masalah pencernaan

Adanya masalah pencernaan seperti perut kucing, usus pankreas atau bagian lain dari sistem pencernaan dapat mengakibatkan kucing berhenti makan. Kucing juga mungkin akan mengalami sakit perut atau diare. Masalah pencernaan pada kucing berkisar pada refluks asam, tumor, ketidakseimbangan bakteri usus, parasite, penyakit iritasi, usus besar maupun masalah yang lain.

  1. Rasa makanan

Kucing bisa memakan satu rasa makanan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, kemudian tiba-tiba mereka memutuskan untuk tidak ingin memakannya lagi. Hal ini murni preferensi tetapi terkadang produsen makanan mengubah rasa dan bahan tanpa tanda yang jelas pada kemasannya.

Oleh sebab itu, kucing bisa kehilangan nafsu makan karena alasan ini. Perlu diingat bahwa kucing pada umumnya membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan berbagai jenis makanan baru.

 

  1. Bentuk dan tekstur makanan

Selain rasa makanan, kucing juga peka terhadap bentuk dan tekstur makanan tertentu. Beberapa kucing mungkin akan menyukai makanan bentuk segitiga, namun yang lain menyukai makanan dengan berbentuk bulat dan lainnya hanya akan makan makanan kering, renyah atau makanan basah kalengan.

  1. Menelan benda asing

Ketika kucing menelan benda asing, maka benda-benda tersebut akan tersangkut dalam usus kucing karena tidak dapat diproses. Sama halnya dengan masalah pada sistem pencernaan, ketika kucing menelan benda asing maka pencernaannya pasti akan terganggu. Secara umum, kucing akan menunjukkan gelagat seperti diare, muntah atau kehilangan nafsu makan lainnya.

  1. Hasrat sedang tinggi

Ketika kucing tidak mau makan akan terjadi dalam fase birahi. Umumnya, kucing birahi tidak mau makan karena fase tersebut kucing mudah tertekan dan penurunan nafsu makan. Kondisi ini akan semakin parah jika kucing tidak mempunyai pasangan kawin.

 

source : gramedia.com / halodoc.com