Manfaat Pelihara Hewan Bagi Kesehatan Mental

 

Hai Paw Heroes, Sebagian dari kita mungkin ada yang memelihara hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Ada yang memelihara karena hobi, sayang, atau tidak sengaja menemukan hewan terlantar lalu akhirnya dipelihara. Memelihara anjing atau kucing memang kegiatan yang menyenangkan, tapi apakah Paw Heroes tahu bahwa sebetulnya memelihara hewan peliharaan itu berdampak positif pada kesehatan mental kita?

 

12,200+ Dog Cat Person Stock Photos, Pictures & Royalty-Free Images -  iStock | Cat woman

Sumber: iStock

 

Seperti yang kita ketahui, kesehatan manusia terbagi dari dua jenis: kesehatan jasmani (tubuh) dan rohani (jiwa/mental). Kesehatan jasmani dapat mengacu pada hal-hal seperti kegiatan fisik dan asupan nutrisi. Sedangkan, kesehatan rohani mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan pikiran atau suasana hati (mood).

 

Sumber: University of Waterloo

 

Kebersamaan dan kedekatan dengan hewan peliharaan secara umum diketahui dapat memperbaiki suasana hati kita menjadi positif. Penelitian menyatakan bahwa, memelihara hewan peliharaan dapat membantu mengatasi rasa kesepian. Apalagi bila setiap hari kita melihat tingkah laku lucu mereka, dan bermain bersama mereka. Hal ini dapat menurunkan hormon stress bernama kortisol, dan juga menurunkan kadar darah tinggi.

 

Cats & Kids: What to Think About When Adopting a Cat with a Toddler

Sumber: World's Best Cat Litter

 

Memelihara hewan juga melatih diri kita untuk bersabar, meningkatkan rasa sayang dan empati. Tak hanya itu, memelihara hewan ternyata sangat baik dianjurkan sebagai kegiatan bersama anak-anak. Anak-anak yang dibiasakan sayang pada hewan, kelak akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki kemampuan sosial lebih tinggi dan masalah perilaku yang lebih rendah.

 

Tips on how to make a dog and cat become friends

Sumber: PetBacker

 

Jadi, memelihara hewan peliharaan tak hanya baik karena kita memberikan rumah tinggal bagi anjing dan kucing, tetapi baik juga pada kesehatan kita. Tapi perlu diingat, bahwa kalau kita ingin memelihara hewan, pastikan yang kita pelihara adalah hewan domestik seperti anjing dan kucing ya! Bukan satwa liar seperti monyet, ular, harimau, dan semacamnya ya!

 

Sumber:
News in Health. (2018). The Power of Pets Health Benefits of Human-Animal Interactions.