MENGAPA KUCING SERING MEREGANGKAN OTOTNYA?

 

PawHeroes! Sering kali kita melihat mereka meregangkan ototnya, Tahukan kamu apa alasan nya? Ternyata kucing melakukan hal itu karna terasa enak dan meningkatkan peredaran darah. Karena kucing istirahat dan tidur minimal 12 jam per hari, sebagian otot mereka 'mati rasa' karena lama tidak bergerak. Maka dari itu, mereka perlu melakukan perenggangan otot untuk melancarkan peredaran darah agar mereka bisa bergerak lagi.

Big Stretch Stock Photo - Download Image Now - Domestic Cat, Stretching,  White Background - iStock

Image Source: iStock

 

Dengan kata lain, kucing sama saja seperti manusia yang suka merenggangkan otot tapi kucing melakukannva jauh lebih sering karena mereka tidur dua kali lipat lebih banyak daripada manusia!

Kucing melakukan peregangan untuk menggerakkan otot mereka lagi setelah periode tidak aktif, apakah mereka sudah duduk diam atau tidur," kata Cuff kepada Live Science.

Ketika kucing sedang tidur atau rileks, tekanan darahnya turun, kata Cuff. Hal yang sama berlaku untuk orang-orang, tambahnya. Peregangan dapat membantu membalikkan itu.

Ketika Anda melakukan peregangan, itu mengaktifkan semua otot Anda dan meningkatkan tekanan darah Anda, yang meningkatkan jumlah darah yang mengalir ke otot dan juga ke otak," kata Cuff. "Ini membantu membangunkanmu dan membuatmu lebih waspada."

Stretching White Cat · Free Stock Photo

Image Source: Pexels

 

Ketika otot-otot mulai bergerak dengan setiap peregangan, mereka juga membuang racun dan produk sampingan limbah yang menumpuk selama periode tidak aktif. Misalnya, karbon dioksida dan asam laktat dapat menumpuk di tubuh kucing, tetapi peregangan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan getah bening, yang membantu menghilangkan racun, 

Terlebih lagi, peregangan menyiapkan otot untuk beraktivitas.

 

Source : livescience.com